DJ Romy: “Ada Kesalahan Klub-klub di Utara Sana!”
Salah satu DJ
kelas A, Romy rilis album ke-tiganya. Clubhoppers memilih Romy sebagai
Clubhoppers ke-empat. Maka, dirilislah album Clubhoppers Essential Mix
#04. Ini petikan wawancara saya dengan DJ Romy, Rabu [19/7] lalu di
kawasan Pejaten. Untuk kepentingan majalah, kata gue dan elu dalam
obrolan, saya ganti jadi saya dan anda. Yang Anda baca di sini, versi
yang belum diedit.
Dari album pertama sampe sekarang, ketiga, perbedaan apa yang paling terasa dalam karir bermusik Anda?
Yang pertama, saya maenin lagu orang
DJ udah mulai dianggap. Walaupun sekarang belum banyak juga ya?
Baguslah saya senang, karena sekarang DJ dianggap sebagai musisi. Dulu
apalagi awal ’90, DJ itu kadang-kadang dianggap pegawai suatu klub,
Cuma muterin lagu. Kalau sekarang, DJ bisa bikin lagu dengan album
sendiri, bisa Live PA dengan artis yang udah ngetop. Itu evolusi yang
saya sangat senang di
Album kedua, membawakan lagu sendiri?
Kenapa baru sekarang bisa buat lagu sendiri? Faktor skill atau faktor alat?
Factor alat. Jaman dulu, soft ware juga belum terlalu banyak yang bagus. Sekarang
sound card udah banyak yang bagus. Ini yang saya pakai Motul, sound
card professional tapi udah bisa dipake di rumah. Jaman dulu
dengan kualitas yang sama, umpama seribu dollar, sudah bisa dapat sound
card yang bagus. Terus, kebetulan saya dulu ada rejeki, akhirnya invest
ke alat professional. Sekarang juga banyak software plug ins.
Perkembangan teknologi membantu sekali ya?
Membantu banget.
Tahun 2000 ke sini sih, udah mulai pelan-pelan. Tapi yang lebih menggila, 2003 ke atas, itu soft ware udah menggila.
Oh
iya dong. DJ luar juga, nggak semuanya yang berduit. Malah, Tony Thomas
bilang sama saya, ‘Man, shit! Your studio is very huge. All I got, is
computer, controller, and one keyboard.’
Dari awal ketika memutuskan untuk jadi DJ, memang sudah berniat ingin buat album?
Nggak.
Jadi gini. Tahun ’96 saya sudah pernah buat lagu. Tapi dengan alat yang
sangat norak ya. [tertawa]. Saya sempat vakum, terus tahun 2002 baru
mulai lagi.
Kenapa vakum?
Gimana
ya? Masih bego sih. Mau cari alat apa yang bagus untuk buat lagu? Dulu
cuma pake satu kibord doang. Terus, komputer juga saya pernah mencoba,
hang melulu. Sekarang
jaman dulu, tahun ’96, orang rekaman aja di studio pake reel. Masih
jarang yang pake komputer. Baru orang-orang yang pake Macintosh. Kalau
sekarang, orang pake PC aja udah bisa bikin lagu. Anyway, dari jaman
dulu, saya sudah punya keinginan bikin lagu sendiri. Dulu, kalah sama
bule. Alat-alatnya belum punya. Sekarang, berani diadu sama bule.
[tertawa]
Pada momen apa Anda memutuskan untuk jadi DJ?
Pulang dari
Pada titik apa, keinginan Anda kuat untuk bikin lagu?
Ya
tahun ’96 itu. Cuma, saya mentok. Kenapa sound saya tidak bisa seperti
bule ya? Dulu mikir, gimana ya mereka bisa dapet sound seperti itu?
Sekarang sih, Faithless di panggung, dua kibordnya sama dengan punya
saya. Saya juga sudah punya duit banyak. Jadi bisa punya alat itu.
Romy sekarang dengan Romy di tahun ’90-an, percaya dirinya lebih besar dong ya.
Manusia
tidak ada puasnya. Cuma, sound saya, sudah berani lah diadu. Nah itu,
plat yang hitam itu [menunjuk ke salah satu plat yang ada di studio].
Waktu itu, teman saya bikin lagu. Saya bilang, ini teman saya Tony
Thomas sama Terry Francis janji rilisin saya lagu, nggak dirilis-rilis
juga. J Reverse bilang, nih, saya kirim detil, coba kamu remix.
Akhirnya saya mix di sini, terus dikirim ke dia. Nah, dia email balik
ke saya, ‘Man, this is fucking good!’ We’re gonna release the track.
Akhirnya, alhamdulillah saya punya rilisan di Eropa. Lumayan lah, jadi
DJ Indonesia, jadi salah satu pelopor yang bisa rilis di Eropa. Dan itu nggak mudah.
Waktu pertama kali dapet itu plat, saya mikir, gila, bisa juga ya rilis
plat di Eropa. Lagunya memang lagu si Jackie Reverse. Cuma, ada mix
saya. Dan begini, ini ada lagu utama, karena dia satu lagu. Lagu kedua,
ada di nomor satu, itulah remix saya. Lagu yang diandalkan ketiga, yang
ini yang lebih kecil porsinya. Jadi, di rilisan Funkulator ini, lagu
saya lumayan diandalkan. Soalnya kalau nge-DJ lebih gampang di awal
sini. Lumayan lah, berkembang. Mudah-mudahan bisa rilis lagi Kalau
sudah diterima satu label internasional, ini
Apa yang pengaruh yang paling terasa setelah lagu Anda dirilis di plat itu?
Dengan
pede-nya saya email teman-teman DJ, Tony Thomas, Terry Francis dan
lain-lainnya, ‘Hey guys finally I released a track. Actually it’s
Jackie Reverse’s track. I remix it, now I’m in your world!’ [tertawa]
Belum. Saya belum rilis lagu sendiri. DJ Romy sendiri. Di Eropa belum main. Kalau Asia sih, udah berkali-kali. Yah lumayan lah.
Kalau di Indonesia bagaimana? Sudah kepegang ya.
Kepegang sih nggak. Cuma, paling tidak, sudah tahu lah orang. Banyak juga DJ yang bagus, yang kelasnya sudah A. Senior-senior.
Sepertinya sih begitu [tertawa].
Apa yang berubah dari crowd dance musik sekarang dibandingkan ketika dulu Anda memulai karir?
Yang pasti, musik sound-nya dari dulu makin gila. Evolusi musik house itu macam-macam. Crowd
makin gila. Sayangnya, tidak disupport oleh pemerintahnya. Di Kuala
Lumpur, mereka disupport oleh pemerintah untuk bikin rave party di out
door. Karena mendatangkan turis. Contohnya Zook Out di Singapura. Orang
di Eropa. Kebanyakan orang-orang Eropa berbondong-bondong waktu summer
untuk party. Otomatis, itu mendatangkan devisa untuk negaranya.
sudah jadi pemberhentian mereka. Sayangnya, kenapa tidak disupport
Dinas Pariwisata atau pemerintah untuk dijadikan nilai tambah.
Support dalam bentuk memberi ijin untuk rave party?
Diberi
ijin dan disupport dalam bentuk cari sponsor. Misal, dibuat Indonesian
Dance Festival. Itu yang datang DJ yang bayarannya di atas 10 ribu
Pound. Dan harus dicanangkan, bahwa house music is not drugs! Paling
penting
kesalahan orangnya juga. Salah crowd-nya juga. Mestinya seperti kalau
mereka mendengarkan jazz, tidur denger jazz, bangun denger jazz, makan
denger jazz, begitu party mereka tidak perlu mabuk. Karena mereka sudah
terbiasa dengan house music. Levelnya
macam-macam, ada yang kenceng, ada yang pelan, ada yang deep. Saya
tidak perlu drugs untuk denger itu! Saya bisa berjam-jam ada di lantai
dansa. Selama DJ-nya bagus ya.
Kalau begitu, masih banyak orang yang datang ke rave party untuk ngeceng saja?
Itulah
house culture. Harus lebih diketahui. Kalau cuma cari cewek sih, nggak
usah di rave, di pasar juga bisa. Cuma maksudnya, house culture
Datang, diperiksa polisi.
Iya.
Oke lah kalau diperiksa nggak apa-apa. Rave nggak boleh bawa senjata
api, nggak boleh bawa macam-macam di tas. Di KL juga diperiksa. Cuma
merasa bebas. Bukan diperiksa karena Anda dicurigai sebagai bandar.
Tapi, demi kenyamanan acara. Kita santai saja. Masuk rave seru-seruan.
Di sini
jadi ribet sendiri. Kalau bisa dikampanyekan dengan baik, bisa lebih
positif. Nggak sampai, otaknya orang-orang tua ini. Apa sih house
culture itu? sekarang, bikin rave aja minimal 500 juta. Mereka mau
ganti nggak? Terus, di tengah acara, maaf adek-adek, acara kami
berhentikan karena ini ini ini. Nggak usah begitu deh. Sebelum acara
mulai, sudah ada gossip bakal digerebek. Nggak ada yang datang. Kasihan
EO-nya
Akhirnya, nggak ada lagi yang bikin rave out door. Itu yang membuat
saya sedih. Padahal, it’s a nice culture. Kalau memang mereka mencari
Bandar, ya jangan diberhentikan acaranya. Kasihan EO-nya dong.
Sudah banyak ya, crowd yang datang yang mengerti bagaimana itu DJ yang bagus?
Kalau
nggak banyak, kenapa kalau DJ A, DJ B, DJ C maen rame. Tapi kalau DJ
kelas 3 belum tentu rame. Kenapa? Karena orang sudah mencari nama DJ.
Sudah jarang, orang yang datang cuma ingin tripping. Orang-orang tua di
atas
sih, saya no comment. Musiknya memang tidak bisa dinikmati tanpa itu.
Musik yang 200 km/jam. [ngakak]. Nah, itu yang musti dibasmi. Bukan
yang selatan.
Sasaran album Anda siapa?
Musik
saya buat siapa saja. Orang bisa dengar lagu saya, kapan saja. Sambil
makan, orang suka. Di mobil pulang kerja, orang suka. Clubbing, bisa
juga. Malah itu yang paling penting. Saya ingin musik house ini
diterima segala kalangan. Dan itu susah. Kalau saya tampil
Sampai saat ini, sudah terjual berapa kopi?
Tiga minggu sejak rilis saja, sudah empat ribu. Kata labelnya, biasanya nggak secepat itu. Ya saya bangga lah. Senang.
Lantas, apa yang terlintas di benak Anda setelah tahu kenyataan itu?
Yang
pasti, saya sih sasarannya adalah meng-educate orang yang dengar, bahwa
house DJ itu sudah jadi produser, bukan cuma memainkan lagu orang. Dan
saya tulis di situ, Support Drugs Free Club. Supaya mereka mendukung
house itu bukan untuk nge-drugs. Karena saya salah satu DJ yang
mengibarkan bendera drugs free.
Memang, sejak awal nge-DJ nggak pernah nge-drugs?
Oh dulu pernah. Awal-awal nge-DJ. Saya nggak munafik.
Lantas, apa yang membuat Anda berhenti?
Kesadaran
saja. Bahwa house itu bukan dengan itu. Lama-lama juga tidak cocok. Itu
culture! Bukan drugs. Fashion-nya. Coba lihat kalau clubbing. Sepatunya
Adidas, Puma, YNLT, kalau dia makin ke atas, bajunya Prada yang
begitu-begitu. Jadi, connecting-nya banyak. Sekarang begini, Anda
clubbing pakai baju kantor, sepatunya Bally, minder
Coba kalau pakai sepatu Adidas, labelnya yang canggih-canggih, label
plat atau gambar apa, jadi satu dengan yang datang. Itu artinya apa?
fashion yang terjadi di situ. Musik di FTV, musiknya apa rata-rata?
House! Jadi ada connecting-nya. Di luar itu, ada klub yang hanya
orang-orang tertentu yang boleh masuk. Benar-benar strict. Kalau Anda
tidak fashionable, mobilnya tidak mengkilap, tidak boleh masuk! Di sini
nggak bisa. Karena culture-nya belum sampai. Klubnya haus akan orang
yang datang. Siapapun orang yang datang, yang penting beli minum.
Kita bakal sampai ke titik itu?
Nggak tahu ya.
sedang krisis sih. Kalau nggak krisis sih, nggak apa-apa. Bensin dua
ribu lagi, oke lah. [tertawa]. Sudah mulai bisa menggeliat lagi
orang-orang. Kalau rakyat bawah sudah bisa senang-senang, apalagi kaum
jet set itu. Sekarang, rakyat masih menderita. Lewat dulu lah krisis
gila-gilaan ini.
Harus kondisinya tenang dan nyaman dulu ya?
Untuk sampai ke kondisi itu iya. Di sini
Tiba-tiba,
wartawan Suara Pembaruan yang menunggu giliran wawancara, masuk ke
studio tempat kami melakukan wawancara. Berteriak ada gempa. Dan saya
baru sadar, kalau ternyata, kursi, kibord dan alat-alat Romy bergoyang.
Dan wawancara pun dihentikan.
0 Comments